Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Wednesday, May 1, 2013

Risiko Terkena Serangan Jantung Bisa Dilihat dari Rambut Seseorang

Jakarta, Biasanya untuk memeriksa kondisi kesehatan dan risiko serangan jantung, digunakan pemeriksaan laboratorium lewat tes darah. Namun baru-baru ini peneliti menemukan cara baru yang lebih sederhana, yaitu menggunakan rambut. Ternyata rambut juga menyimpan informasi penting tentang kondisi tubuh.

Di dalam rambut, terkandung informasi berharga mengenai kadar stres yang dapat digunakan untuk menentukan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Jika tes darah hanya dapat menentukan kadar hormon stres pada satu waktu, analisis rambut dapat mengungkapkan kadar hormon stres selama beberapa bulan.


Analisis sampel rambut, menurut para peneliti, bisa digunakan untuk mengukur kadar kortisol atau hormon stres demi menentukan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah secara akurat. Orang tua yang kadar kortisolnya tinggi untuk waktu yang lama cenderung mengidap penyakit jantung.


"Kadar kortisol yang tinggi merupakan sinyal penting bahwa seseorang berisiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena rambut kulit kepala dapat menangkap informasi perubahan kadar kortisol dari waktu ke waktu, analisis rambut memberikan kita alat yang lebih baik untuk mengevaluasi risiko itu," kata Dr Laura Manenschijn dari Erasmus MC di Rotterdam, Belanda seperti dilansir Counsel and Heal, Kamis (18/4/2013).


Dalam laporan yang dimuat Journal The Endocrine Society of Clinical Endocrinology & Metabolism, peneliti menjelaskan telah mengukur kadar kortisol 283 orang berusia 65 - 85 tahun yang dipilih secara acak. Para peneliti mampu mengukur kadar kortisol selama 3 bulan menggunakan sampel rambut sepanjang 3 cm yang diambil dekat kulit kepala.


Hasilnya menemukan bahwa orang dengan kadar kortisol tinggi di dalam rambutnya cenderung memiliki riwayat penyakit jantung, stroke, penyakit arteri perifer koroner dan diabetes. Kadar kortisol yang amat tinggi diketahui berkaitan erat dengan penyakit jantung dan pembuluh darah.


Sumber Detik




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment