Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 22, 2013

Nyeri Saat Buang Air Kecil, Gejala Awal Kanker kandung kemih

DokterSehat.com – Belum diketahui pasti penyebab munculnya kanker kandung kemih. Tapi, pada dasarnya kanker kandung kemih bisa disembuhkan bila diobati lebih awal.


Terjadinya perubahan genetik (DNA) dari sel kandung kemih kemungkinan besar dapat menyebabkan terjadinya kanker kandung kemih. Bahan kimia dalam rokok juga dapat memicu munculnya kanker kandung kemih. Ketika lapisan kandung kemih teriritasi dalam waktu yang lama, perubahan sel akan mengarah ke kanker. Beberapa hal yang menyebabkan hal ini adalah pengobatan radiasi, kateter dalam waktu yang lama, atau adanya parasit yang menyebabkan schistosomiasis.


Kanker kandung kemih dua kali lebih berisiko terjadi pada perokok ketimbang orang yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Para ahli menyakini bahwa merokok dapat menyebabkan kanker kandung kemih pada pria dan wanita. Selain itu, paparan bahan kimia dan zat lain seperti pewarna, cat, atau debu kulit juga dapat menyebabkan kanker kandung kemih.


Gejala


Gejala paling umum dari kanker kandung kemih meliputi:

Adanya darah atau pembekuan darah di urin (hematuria). Hematuria terjadi pada 8 atau 9 dari 10 orang yang memiliki kanker kandung kemih dan merupakan gejala yang paling umum, biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.Nyeri saat buang air kecil (disuria)Kencing jumlah kecil seringInfeksi saluran kemih sering (UTI)

Bila kanker kandung kemih menjadi lebih parah maka akan menunjukkan gejala berikut ini:

Sakit di sekitar ginjal (nyeri pinggang)Pembengkakan di kaki bagian bawahPertumbuhan di panggul di dekat kandung kemih (massa panggul)

Gejala lain yang menunjukkan bahwa kanker kandung kemih telah menyebar meliputi:

Penurunan berat badanNyeri tulang atau nyeri di dubur, daerah anal, atau panggulAnemia

Gejala kanker kandung kemih mungkin mirip dengan gejala penyakit kandung kemih lainnya.


Pengobatan


Dokter akan meresepkan beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker kandung kemih dan untuk meredakan gejala. Obat-obatan ini dapat diminum, disuntikkan ke pembuluh darah (intravena, atau IV), atau langsung ke kandung kemih melalui kateter.

Kemoterapi menggunakan obat untuk menghancurkan sel-sel kanker.Imunoterapi atau terapi biologi, menggunakan obat-obatan yang dapat membantu  sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker pada kandung kemih Anda. Pengobatan ini  paling sering digunakan pada tahap awal kanker kandung kemih. Pengobatan ini  juga dapat digunakan setelah reseksi transurethral (TUR) untuk mencegah kanker datang kembali.

Pilihan Obat


1. Kemoterapi obat-obatan

Gemcitabine dan cisplatinMVAC, kombinasi methotrexate, vinblastine, doxorubicin, dan cisplatinMitomycin, obat ini dapat digunakan untuk membantu menjaga kanker datang kembali

2. Obat imunoterapi

Bacillus Calmette-Guerin (BCG)Interferon


Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment