Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Thursday, April 25, 2013

Gangguan Serius pada Atlet Sering Disangka Asma

Jakarta, Usai melakukan olahraga berat, tidak jarang napas terasa berat dan sesak saking lelahnya. Kondisi ini sering disangka sebagai kekambuhan penyakit asma. padahal menurut penelitian, tidak sedikit yang kondisi sebenarnya lebih serius.

Hasil pengamatan terhadap 46 atlet di sekolah-sekolah menunjukkan adanya indikasi paradoxical vocal fold motion disorder (PVFMD). Kondisi ini bisa dipicu oleh stres, gelisah atau pemaksaan secara fisik dan menyebabkan pita suara rusak lalu mengganggu pernapasan.

Diperkirakan 5 persen atlet mengalami gangguan ini dan bisa mempengaruhi performanya secara fisik. Tentu saja jika napas tidak lancar, suplai oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang dan kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik akan jauh berkurang.

"Tidak banyak literatur tentang PVFMD pada atlet elit, dan studi kami menunjukkan bahwa di level tinggi mereka terkondisikan untuk lebih sulit didiagnosis dan diterapi," kata Dr Brad deSilva dari Ohio State University yang melakukan penelitian ini seperti dikutip dari HealthDay, Senin (15/4/2013).

Susahnya mendiagnosis gangguan ini pada atlet salah satunya karena jarang memunculkan gejala. Contohnya saja, hanya 30 persen partisipan yang mengalami gejala seperti batu saat olahraga. Itu pun kadang disangka sebagai kekambuhan asma, bukan gangguan pita suara.

"Gejala PVFMD bisa menyerupai asma, dan sebanyak 40 persen pasien dengan asma memiliki gangguan ini. Jadi sudah umum jika atlet punya asma lalu terdiagnosis dengan benar, tetapi tidak dengan PVFMD," lanjut Dr deSilva yang mempresentasikan temuannya ini di ajang tahunan Triological Society.

Dalam penelitian itu, Dr deSilva juga mereview beberapa terapi untuk gangguan pita suara PVFMD termasuk suntik botox. Menurutnya, berbagai terapi tersebut cukup efektif bukan hanya mengatasi PVFMD tetapi juga mengurangi penggunaan obat asma inhalasi.

(up/vit)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment