Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Sunday, March 24, 2013

Gejala Kanker Prostat


Gejala Kanker Prostat Posted on March 18, 2013 | belum ada komentar

Doktersehat.com – Kanker prostat merupakan tumor ganas yang berkembang di dalam kelenjar prostat. Biasanya pria yang berusia lebih dari 50 tahun akan mengalami pembesaran prostat secara bertahap. Tapi, beberapa pria bisa mengalami pembesaran prostat abnormal yang diakibatkan oleh perkembangan sel prostat yang di luar kendali.

Sel yang bermutasi menjadi sel kanker bisa menyebar secara metastasis dari jaringan prostat ke bagian tubuh yang lain. Penyakit ini sering dialami pria yang berusia di atas 60 tahun. Namun, belum diketahui pasti apa penyebabnya, berikut ini beberapa faktor yang memicu munculnya kanker prostat:

Faktor genetikPaparan logam kadmiumKegemukanDiet tinggi lemak dan rendah seratPria kulit putih dan kulit hitam lenih berisiko terkena kanker prostat ketimbang pria Asia.

Gejala Kanker Prostat

Pembengkakan kelenjar prostat gejalanya hampir mirip dengan kanker prostat. Untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya diharapkan seorang pria segera memeriksakan diri jika mengalami gejala berikut ini:

1. Sulit berkemih

Tumor yang tumbuh dalam kelenjar menyebabkan kelenjar prostat di sekitar saluran kemih membesar. Akibatnya, urin yang keluar sedikit-sedikit atau sering muncul rasa ingin buang air tapi tidak ada urin yang keluar.

2. Nyeri saat berkemih

Tekanan tumor pada saluran kemih menyebabkan munculnya rasa nyeri. Kondisi ini bisa mengindikasikan adanya infeksi prostat yang disebut prostatitis. Gejala ini juga bisa menunjukkan adanya hiperplasia prostat yang bukan merupakan kanker.

3. Keluar darah saat berkemih

Jarang terjadi gejala keluarnya darah saat berkemih. Namun, hal ini tidak boleh diabaikan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter walaupun hanya sedikit darah yang keluar.

4. Sulit ereksi atau menahan ereksi

Saat ereksi aliran darah menuju penis terhalang oleh tumor prostat sehingga mengakibatkan susah ereksi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan tidak bisa ejakulasi setelah ereksi. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan pembesaran prostat.

5. Sulit BAB

Tumor pada kelenjar prostat yang berada di bawah kandung kemih dan di depan rektum dapat mengakibatkan terganggunya pencernaan. Susah BAB yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan pembesaran prostat akibat penekanan kelenjar secara terus menerus.

6. Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul, atau paha bagian atas

Kanker prostat kerap kali menyebar ke daerah-daerah seperti punggung bawah, panggul, dan pinggul sehingga rasa nyeri di bagian ini bisa mengindikasikan adanya gangguan.

7. Sering berkemih di malam hari

Segera periksakan ke dokter bila Anda lebih dari sekali terbangun di malam hari hanya untuk berkemih.

8. Urin menetes

Gejala ini mirip dengan mengompol atau inkontinensia urin. Urin tidak bisa ditahan sehingga keluar perlahan. Namun, jika keluar alirannya tidak cukup kuat.

9. Usia di atas 50 tahun dan berisiko

Pada usia lanjut pria akan berisiko terserang kanker prostat, terlebih bila Anda memiliki faktor risiko.

Kanker prostat dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat yakni dengan rajin berolahraga, mengonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya antioksidan, serta mengurangi makanan berlemak. Slain itu, hindari pula kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Dari berbagai sumber

pf button both Gejala Kanker Prostat

Sumber Dokter Sehat



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment