Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Tuesday, March 26, 2013

Foto-foto Lama di Facebook Bisa Hapus Depresi Lho

Jakarta, Facebook tak hanya dapat memperluas jejaring sosial seseorang tapi juga membantunya tetap terhubung dengan teman-temannya di manapun mereka berada. Bahkan baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa Facebook juga dapat menyembuhkan depresi jika orang yang mengalaminya kembali membuka-buka akun Facebook-nya untuk bernostalgia.

Sebelumnya para pakar telah mengetahui bahwa terapi kenangan bermanfaat bagi lansia yang mulai kehilangan daya ingat. Namun kini tim peneliti dari University of Portsmouth, Inggris melakukan riset untuk memastikan dugaan mereka bahwa Facebook dapat membantu mengobati gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.


Dari situ peneliti menemukan 90 persen pengguna Facebook kembali login dan melihat-lihat akunnya agar dapat mengingat-ingat hal-hal bahagia yang terjadi di masa lalunya, terutama foto-foto dan berbagai komentar yang ditulis teman-temannya sebagai sarana untuk 'menenangkan dirinya sendiri'.


Dr. Alice Good yang memimpin studi ini pun mengatakan bahwa timnya menemukan adanya peningkatan 'penenangan diri' ketika melihat para pengguna membuka-buka akun Facebook lamanya, terutama saat mereka rentan mengalami kesedihan atau depresi.


"Hasilnya mengindikasikan kita dapat menggunakan metode ini sebagai bagian dari terapi untuk 'menenangkan diri sendiri' atau menanggulangi bad mood," tutur Good seperti dilansir nydailynews, Rabu (20/3/2013).


"Bahkan kami sangat terkejut dengan temuan ini karena sedikit kontradiktif dengan sejumlah studi lainnya. Meski studi ini kecil, tapi kami percaya diri untuk melanjutkannya dengan studi yang cakupannya lebih luas untuk memastikan apakah hasilnya akan tetap konsisten," lanjutnya.


Menanggapi studi ini, seorang psikolog bernama Dr. Clare Wilson berpendapat, "Facebook diperkenalkan sebagai salah satu sarana komunikasi. Tapi studi ini menunjukkan bahwa kita lebih cenderung menggunakannya agar dapat terhubung dengan masa lalu kita, ketika mungkin di masa kini kita perlu mengembalikan kepercayaan diri kita."


Menurutnya foto-foto yang terpajang di Facebook itu juga merupakan pengingat akan peristiwa-peristiwa positif di masa lalu. "Ketika dirundung mood negatif, sangat mudah bagi kita untuk melupakan seberapa baik kita di masa lampau. Tapi posting yang bersifat positif itu akan mengingatkan Anda tentang hal-hal baik di masa lalu dan mood negatif kita pun akan hilang," tutup Wilson.


Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Lecture Notes in Computer Science: Universal Access in Human-Computer Interaction.


 


Sumber Detik




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment