Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, May 25, 2013

Sedikit-sedikit Depresi Bikin Wanita Makin Rentan Kena Stroke

Jakarta, Depresi mudah sekali menghinggapi wanita mengingat sifat alaminya yang cenderung overthinking dan sensitif. Padahal jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan wanita akan gampang terserang berbagai penyakit, misalnya stroke.

Hal ini terungkap dari sebuah studi dari Australia yang melibatkan lebih dari 10.000 wanita berusia antara 47-52 tahun. Namun peneliti mengaku tak tahu-menahu mengapa depresi memiliki keterkaitan yang kuat dengan stroke. Hanya saja peneliti menduga bahwa peradangan dan respons imunologi tubuh terhadap depresi bisa saja berdampak terhadap kesehatan pembuluh darah wanita.

Secara spesifik, studi ini menemukan bahwa wanita yang tertekan atau depresi berisiko terserang stroke 2,4 kali lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak depresi. Tapi risiko ini akan berkurang menjadi 1,9 kali lebih tinggi ketika faktor-faktor lain yang dianggap dapat meningkatkan risiko stroke ikut dipertimbangkan.

"Ketika menangani pasien wanita, setiap dokter perlu mengetahui apakah kondisi kesehatan mental pasien buruk atau tidak dan efeknya secara jangka panjang. Padahal panduan terbaru untuk mencegah stroke cenderung mengabaikan potensi depresi terhadap calon pasien stroke," tandas peneliti Dr. Caroline Jackson, seorang pakar epidemiologi dari School of Population Health, University of Queensland, Australia seperti dilansir Telegraph, Senin (20/5/2013).

Dapat dikatakan ini merupakan studi berskala besar pertama yang mengamati kaitan antara depresi dengan penyakit stroke pada wanita paruh baya. Lagipula meski risiko stroke seorang wanita menjadi tinggi gara-gara depresi, nyatanya risiko stroke mutlaknya sebenarnya masih terbilang cukup rendah bagi wanita paruh baya.

Dan benar saja, sekitar 1,5 persen partisipan dalam studi yang telah dipublikasikan dalam Stroke: Journal of the American Heart Association ini dilaporkan mengidap stroke. Bahkan Dr. Jackson mengatakan jika kondisi serupa juga berlaku bagi wanita Eropa dan Amerika.

"Mungkin kita perlu membuat pendekatan yang lebih bertarget untuk mencegah dan mengobati depresi diantara para wanita muda, karena ternyata kondisi ini memberikan dampak yang cukup kuat terkait risiko stroke bagi mereka sekarang ini daripada di masa depan," imbuhnya.

Menanggapi temuan ini, Dr. Clare Walton dari The Stroke Association mengatakan, "Riset sebelumnya telah menunjukkan bahwa depresi dapat meningkatkan risiko stroke dan studi ini jelas memberikan bukti tambahan terkait hal itu. Lagipula penderita depresi memang kurang termotivasi untuk menjaga kesehatan atau rajin minum obat sehingga memberi mereka risiko yang lebih besar. Meski begitu, sangat sulit untuk menentukan apakah yang satu menjadi penyebab langsung dari lainnya atau sebaliknya."


(vit/vit)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment