Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, May 4, 2013

Ingin Kurangi Risiko Hipertensi? Konsumsi 5 Nutrisi Ini

Jakarta, Makanan merupakan elemen yang sangat penting dalam hidup. Mengontrol pola makan dan gaya hidup diyakini efektif untuk menjaga tekanan darah tetap normal. 5 Nutrisi ini bisa membantu Anda menurunkan dan mengontrol agar tekanan dalam tetap dalam batas normal serta mengurangi risiko hipertensi.

Kunci untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrolnya untuk tetap dalam batas normal diketahui adalah dengan membatasi asupan garam dalam menu makan sehari-hari. Selain itu, tidak kalah penting untuk mengatur nutrisi lain yang lebih banyak untuk membantu mempertahankan tekanan darah, antara lain dengan asupan kalium, kalsium, serat, asam lemak omega-3, dan magnesium.

Berikut 5 nutrisi penting untuk menjaga tubuh dari risiko hipertensi, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (26/4/2013):

1. Kalium
Banyak penelitian menemukan bahwa mengonsumsi cukup kalium secara rutin dapat membantu mengurangi dan mempertahankan tekanan darah tetap normal. Sumber kalium terdapat pada buah-buahan dan sayuran seperti kentang, bayam, tomat, pisang, jeruk dan buah-buahan kering.

2. Kalsium
Kalsium dibutuhkan tubuh untuk mengatur kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung, sehingga cukup konsumsi kalsium akan membantu menurunkan risiko hipertensi. Sumber kalsium terdapat pada susu rendah lemak, yogurt, sayuran hijau, kacang almond, biji wijen, dan tahu.

3. Serat
Konsumsi serat dalam jumlah tinggi membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik jantung. Sehingga jika mengonsumsi cukup serat akan membantu kerja jantung dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Sumber serat terdapat pada sereal, kacang-kacangan, kacang polong, kedelai, buah-buahan dan sayuran, gandum.

4. Asam Lemak Omega-3
Diketahui juga sebagai polyunsaturated fatty acids (PUFAs), asam lemak omega-3 mampu mengurangi peradangan dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Selain itu, asam lemak omega-3 juga terkonsentrasi di otak dan penting bagi kognitif memori dan kinerja otak.

Sumber asam lemak omega-3 terdapat pada ikan-ikanan, misalnya ikan sarden, tuna, salmon. Selain itu juga pada minyak ikan, kenari, gandum, dan kedelai.

5. Magnesium
Kekurangan magnesium berpengaruh pada rendahnya tingkat kalsium dan potasium dalam darah, serta perubahan dalam sistem jantung dan peredaran darah. Hal ini membuat magnesium merupakan bagian penting yang perlu ditambahkan saat tekanan darah sedang tinggi.

Sumber magnesium terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, roti gandum, dan tahu.

(vit/vit)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment