Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Tuesday, May 28, 2013

Retinoblastoma, Kanker di Retina

DokterSehat.com – Retinoblastoma merupakan kanker di retina, yakni daerah mata bagian belakang yang peka terhadap cahaya. Kanker ini umumnya menyerang anak yang berusia kurang dari 5 tahun.


Penyebab


Kanker di retina ini disebabkan tidak adanya gen penekan tumor yang bersifat genetik. Sekitar 10% penderita retinoblastoma memiliki saudara yang juga menderita retinoblastoma dan mendapatkan gennya dari orang tua.


Jenis kanker ini bisa menyerang salah satu ataupun kedua mata dan bisa menyebar sampai ke kantung mata dan otak melalui saraf penglihatan.


Gejala


Penderita retinoblastoma bisanya akan mengalami gejal berikut ini:

Mata julingPupil berwarna putihNyeri dan mata merahIris di kedua mata berwarna tidak samaGangguan penglihatanBisa menimbulkan kebutaan

Diagnosa


Diagnosa akan ditegakkan setelah dilakukan pemeriksaan berikut ini:

CT scan kepalaPemeriksaan mata dengan kondisi pupil melebarUsg mata (ekoensefalogram kepala dan mata)Pemeriksaan sumsum tulangPemeriksaan cairan serebrospinal

Pengobatan


Pengobatan yang dilakukan tergantung dengan ukuran dan lokasi tumor. Tumor yang masih kecil bisa diobati dengan bedah laser. Sementara tumor yang sudah menyebar ke luar mata akan dilakukan terapi penyinaran dan kemoterapi.


Bila pengobatan tidak berpengaruh terhadap kanker maka kemungkinan perlu dilakukan tindakan pengangkatan. Bila kanker hanya menyerang satu mata maka keseluruhan bola mata diangkat bersamaan dengan sebagian nervus optikus.


Bila kanker menyerang kedua mata maka akan dilakukan teknik bedah mikro khusus untuk menghancurkan atau mengangkat tumor agar kedua mata tidak perlu diangkat. Atau salah satu mata diangkat dan pada mata yang lainnya dilakukan terapi penyinaran atau bedah mikro untuk mengendalikan tumor.


Setelah dilakukan pengobatan usahakan untuk memeriksakan mata setiap 2-4 bulan. Bila kanker kembali kambuh maka kemoterapi bisa diulang.


Pencegahan


Jika memiliki keluarga dengan riwayat retinoblastoma, sebaiknya segera lakukan konsultasi genetik untuk membantu meramalkan resiko terjadinya retinoblastoma pada keturunannya




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment