Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 29, 2013

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

DokterSehat.com – Nyeri tulang belakang biasa dialami wanita hamil pada umumnya. Rasa nyeri akan mulai terasa saat kehamilan memasuki trimester ketiga dimana berat badan ibu meningkat secara signifikan.


Selama hamil, tubuh ibu juga menghasilkan hormon relaxin yang membuat ligamen penyokong tulang belakang menjadi tidak stabil sehingga membuat nyeri di bagian tulang belakang. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil:


1. Perhatikan posisi tubuh


Wanita hamil tidak disarankan untuk berdiri terlalu lama. Tapi, bila hal itu harus dilakukan sebaiknya pilih sepatu yang datar dengan alas kaki cukup lebar guna mencegah pembengkakan. Sementara bagi wanita hamil yang dituntut untuk duduk dalam waktu yang lama sebaiknya duduk dengan posisi yang tepat. Duduklah dengan posisi pinggul dan punggung bawah menyentuh bagian belakang kursi. Saat duduk pastikan lutut membentuk sudut 90 derajat. Anda juga bisa menambahkan bantal diantara punggung bawah dan kursi guna menjaga leher dan kepala agar tidak membungkuk.


2. Jangan angkat beban berat


Selama hamil sebaiknya Anda tidak mengangkat benda berat. Bila Anda diharuskan mengangkat benda sebaiknya lakukan dengan cara yang tepat. Dekatkan benda dengan tubuh Anda, luruskan punggung, tekuk lutut, lalu angkat benda dengan menggunakan tenaga kaki. Jangan angkat benda dengan menggunakan otot punggung. Bila harus memutar, putarlah seluruh tubuh, jangan hanya memutar bagian pinggang saja. Lebih baik lagi bila Anda meminta bantuan orang lain untuk mengangkat beban.


3. Olahraga secara teratur


Berolahraga saat hamil bisa membantu menguatkan otot punggung. Biasanya dokter akan menyarankan latihan kardiovaskuler seperti berenang atau berjalan. Gerakan renang bisa membantu menguatkan otot-otot, mengatasi varises, dan pembengkakan pergelangan kaki. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter bila akan melakukan olahraga agar kehamilan Anda tidak terganggu.


4. Tidur miring


Makin bertambahnya usia kehamilan, perut juga makin membesar. Supaya rahim tidak menekan vena cava sebaiknya Anda biasakan untuk tidur miring ke kiri. Vena cava merupakan vena utama yang terletak di sebelah kanan perut yang berfungsi mengalirkan darah. Supaya tulang belakang tetap sejajar sebiaknya tambahkan bantal di bawah perut atau di antara kaki. Tidur dengan posisi miring akan mengurangi beban pada otot perut dan panggul.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment