Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 29, 2013

Tangan Sering Kesemutan, Gejala Sindrom Karpal Tunel!

DokterSehat.com – Sindrom karpal tunel merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh tertekannya saraf perifer yang mempengaruhi satu atau kedua tangan. Kondisi ini ditandai dengan sensasi mati rasa, kesemutan, terbakar, atau nyeri di tangan dan pergelangan tangan. Orang yang terkena gangguan ini bisa terbangun di malam hari akibat rasa sakit yang tiba-tiba muncul. Regangan atau cedera yang pada tangan dan pergelangan tangan atau berbagai gangguan lain dapat menyebabkan gangguan ini. Kelainan ini dapat muncul sebagai gejala berbagai penyakit lain ataupun tidak.


Penyebab


Hal-hal yang membantu menyebabkan sindrom karpal tunel meliputi:


1. Kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan atau memberikan kontribusi terhadap nyeri lengan atau pembengkakan pada sendi dan jaringan lunak di lengan yang dapat mengurangi aliran darah ke tangan. Kondisi dan penyakit termasuk obesitas, rheumatoid arthritis, asam urat, diabetes, lupus, atau hipotiroid.


2. Gerakan tangan dan pergelangan tangan yang dilakukan berulang dapat menyebabkan selaput tendon membengkak.


3. Penumpukan cairan (edema) di terowongan karpal yang dapat terjadi akibat kehamilan atau kondisi seperti rheumatoid arthritis atau diabetes.


4. Patah tulang di pergelangan tangan, dislokasi tulang, pertumbuhan tulang baru dari tulang penyembuhan, atau tulang taji. Kondisi ini dapat mengambil ruang di terowongan karpal dan menempatkan lebih banyak tekanan pada saraf median.


5. Tumor dan pertumbuhan lainnya (seperti ganglions).


6. Ketidaknormalan jaringan di tangan dan pergelangan tangan yang disebabkan oleh penuaan dan gerakan berulang dari tangan atau pergelangan tangan.


7. Merokok, yang dapat berkontribusi untuk sindrom karpal tunel dengan mempengaruhi aliran darah ke saraf median.


Sindrom karpal tunel merupakan cedera yang berhubungan dengan pekerjaan yang membutuhkan gerakan tangan yang kuat, berulang-ulang atau tangan bekerja dalam waktu yang lama dengan posisi yang sama seperti saat Anda sedang mengetik atau memegang tetikus dalam waktu yang lama.


Gejala


Gejala yang paling umum d sindrom karpal tunel adalah kesemutan, mati rasa, kelemahan, atau nyeri yang terasa di jari-jari atau di telapak tangan. Gejala paling sering terjadi di bagian tangan yang terdapat saraf median, seperti ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, dan setengah dari jari manis. Jika jari kelingking Anda tidak terpengaruh, ini mungkin menjadi pertanda bahwa Anda terkena sindrom  ini, karena jari kelingking biasanya dikendalikan oleh saraf yang berbeda dari ibu jari dan jari lainnya.


Gejala sindrom karpal tunel sering terjadi di kedua tangan, tetapi gejalanya akan memburuk di satu tangan dari yang lain. Biasanya, penderita sindrom karpal tunel akan terbangun saat tidur akibat rasa sakit atau mati rasa di tangan.


Gejala karpal tunel ringan dapat mempengaruhi tangan dan kadang-kadang lengan bawah atau  menyebar sampai ke bahu. Gejalanya berupa:


1. Mati rasa atau nyeri di tangan


2. Kesemutan


3. Mati rasa atau rasa sakit semakin parah bila Anda menggunakan tangan atau pergelangan tangan, terutama saat mencengkeram benda dengan tangan atau tekukanpergelangan tangan Anda.


4. Nyeri sesekali di lengan antara siku dan pergelangan tangan.


5. Kekakuan pada jari-jari saat bangun di pagi hari.





Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment