Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, April 20, 2013

Alergi Matahari

DokterSehat.com –  Alergi matahari adalah istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang gatal dan memerah saat terpapar sinar matahari. Alergi matahari juga dikenal sebagai keracunan berjemur. Seseorang bisa menderita alergi ini bila keluarganya memiliki riwayat alergi matahari, sementara pemicu lainnya adalah beberapa jenis obat atau paparan kulit tanaman seperti jeruk nipis atau ubi liar.

Alergi matahari ringan bisa sembuh tanpa pengobatan.  Sementara dalam kasus yang lebih parah mungkin diperlukan krim steroid atau pil. Penderita alergi matahari parah mungkin perlu mencegah kambuhnya alergi dengan menggunakan pakaian pelindung sinar matahari.

Gejala

Kondisi kulit penderita alergi matahari dapat berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Berikut ini gejala umum yang ditunjukkan pada kulit penderita alergi matahari:

KemerahanGatal atau nyeriBenjolan kecilPengerasan kulit atau perdarahanLecet atau gatal-gatal

Biasanya kulit akan menunjukkan gejala tersebut bila terkena sinar matahari dan berlangsung dalam beberapa menit sampai beberapa jam setelah kulit terpapar sinar matahari. Bila gejala yang ditunjukkan lebih parah maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Penyebab

Faktor keturunan mampu meningkatkan risiko memiliki alergi matahari. Namun, ada juga beberapa pemicu alergi sinar matahari, seperti :

Obat-obat tertentuBahan kimiaKondisi medis dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari

Faktor risiko

Siapapun dapat memiliki alergi matahari, tapi alergi matahari tertentu yang paling umum terjadi pada orang dari latar belakang ras tertentu. Misalnya, jenis yang paling umum dari alergi matahari (letusan cahaya polimorfik) kebanyakan terjadi di Kaukasia. Penduduk asli Amerika paling umum mengalami  alergi matahari yang lebih parah.

Beberapa gejala alergi kulit dipicu ketika kulit Anda terkena zat tertentu lalu terpapar sinar matahari. Beberapa zat tertentu yang dapat memicu alergi adalah wewangian, desinfektan, dan bahan kimia tertentu bahkan yang terkandung dalam tabir surya.

Beberapa obat dapat membuat kulit lebih cepat terbakar seperti antibiotik tetrasiklin, obat berbasis sulfa, dan penghilang rasa sakit seperti ketoprofen.

Memiliki dermatitis atopik atau jenis lain dari dermatitis meningkatkan risiko mengalami alergi berjemur.

Memiliki kerabat dengan alergi berjemur. Anda lebih mungkin untuk memiliki alergi matahari jika Anda memiliki saudara atau orangtua dengan alergi sinar matahari.

Perawatan dan Pengobatan

Pengobatan yang diberikan tergantung pada jenis alergi matahari yang diderita seseorang. Pada kasus ringan, hanya menghindari sinar matahari selama beberapa hari mungkin cukup untuk mengatasi tanda-tanda dan gejala.

Obat-obatan
Krim yang mengandung kortikosteroid bisa digunakan untuk reaksi alergi pada kulit yang parah, dokter mungkin memberi resep pil kortikosteroid, seperti prednison.

Malaria obat hydroxychloroquine (Plaquenil) dapat meringankan gejala dari beberapa jenis alergi matahari.

Terapi
Jika Anda memiliki alergi matahari yang parah, dokter mungkin menyarankan secara bertahap untuk  digunakan sinar matahari setiap musim semi. Dalam fototerapi, lampu khusus digunakan sebagai sinar ultraviolet pada area tubuh yang sering terkena sinar matahari. Terapi ini biasanya dilakukan beberapa kali seminggu selama beberapa minggu.

pf button both Alergi Matahari

Sumber Dokter Sehat



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment