Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Saturday, April 20, 2013

Hiperkalsemia, Tingginya Kalsium Dalam Darah

DokterSehat.com – Hiperkalsemia adalah suatu kondisi di mana tingkat kalsium di dalam darah berada di atas normal. Pada dasarnya kalsium dibutuhkan tulang untuk mempertahankan kepadatannya. Tak hanya itu, kalsium juga penting untuk kontraksi otot, melepaskan hormon, dan memastikan bahwa saraf dan otak berfungsi dengan baik. Namun, kadar kalsium tinggi juga dapat mengganggu proses-proses ini.


Penyebab
Penyebab utama Hiperkalsemia adalah gerakan berlebihan dalam satu atau lebih dari kelenjar paratiroid yang berfungsi mengatur kadar kalsium darah. Penyebab lain dari Hiperkalsemia  adalah  kanker, gangguan medis lainnya, beberapa obat dan penggunaan kalsium berlebihan dan suplemen vitamin D. Makanan atau minuman yang terlalu banyak kalsium atau suplemen vitamin D dari waktu ke waktu dapat meningkatkan kadar kalsium dalam darah hingga di atas normal.
Penyebab hiperkalsemia lainnya adalah dehidrasi, saat cairan dalam darah berkurang maka konsentrasi kalsium akan meningkat.


Saat kalsium di dalam darah menurun, tubuh akan memproduksi hormon paratiroid lebih banyak. Sebaliknya, saat kadar kalsium dalam darah meningkat, tubuh akan menghasilkan hormon lebih sedikit.


Bila tingkat kalsium dalam darah meningkat terlalu tinggi, kelenjar tiroid akan menghasilkan kalsitonin, yakni hormon yang memperlambat pelepasan kalsium dari tulang. Hal ini dapat menyebabkan hiperkalsemia , dan tubuh tidak dapat mengatasi pengaruh dari terlalu banyaknya kalsium.


Gejala
Gejala hiperkalsemia antara lain:

Mual dan muntahKehilangan nafsu makanHaus berlebihanSering buang air kecilSembelitNyeri perutKelemahan ototOtot dan nyeri sendiKebingunganLesu dan kelelahan

Biasanya orang yang lebih tua cenderung merasakan sakit dan kelemahan pada otot mereka.


Pengobatan


Jika Anda memiliki hiperkalsemia yang parah, Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mengurangi kalsium ke tingkat yang aman dan untuk melindungi ginjal serta tulang. Pengobatan hiperkalsemia dapat mencakup:


1. Cairan infus untuk rehydrate


Lingkaran obat diuretik (seperti furosemide) berfungsi membantu kelebihan kalsium serta menjaga fungsi ginjal.


2. Bifosfonat intravena


Kelompok obat yang mencakup pamidronate (Aredia) dan zolendronate (Zometa), untuk mencegah kerusakan tulang


3. Kalsitonin


Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid Anda, untuk mengurangi reabsorpsi tulang dan keropos tulang lambat.


4. Glukokortikoid (kortikosteroid)


Berfungsi membantu mengatasi banyaknya vitamin D dalam darah yang disebabkan oleh hiperkalsemia.


5. Hemodialisis atau dialisis peritonea


Untuk membuang tumpukan kotoran dan kalsium dari darah, jika ginjal rusak dan tidak dapat merespon pengobatan lain.


Setelah kalsium darah Anda kembali ke tingkat yang aman, pengobatan hiperkalsemia tergantung pada penyebab yang mendasarinya.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment