Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Thursday, April 18, 2013

Tanda Awal Sakit Ginjal

DokterSehat.com – Awalnya, gejala penyakit ginjal tidak begitu terlihat, gejala akan terlihat jelas saat penyakit ginjal sudah kronis. Fungsi ginjal sebagai organ ekskresi akan terganggu bila penyakit ini tidak segera diobati. Agar tidak terlanjur sebaiknya kenali dulu gejala penyakit ginjal berikut ini:


1. Gatal berlebih


Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk. Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dll.


2. Sesak napas


Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita merasa sesak napas. Selain itu, kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan nafas.


3. Tubuh terasa dingin


Anemia juga bisa menyebabkan tubuh merasa dingin sepanjang waktu. Dalam beberapa kasus, penderita akan merasa sangat dingin dan menggigil saat tengah malam.


4. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi


Anemia sangat berhubungan dengan gagal ginjal sehingga otak tidak memperoleh oksigen yang memadai. Kondisi ini menyebabkan kepala pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Pusing yang parah akan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangan saat akan berjalan.


5. Sakit di sekitar daerah pinggang


Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejal, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.


6. Gangguan Hormon


Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik bisa mengakibatkan ginjal memproduksi lebih banyak hormon atau ekstra hormon. Dampaknya hormon tekanan darah akan meningkat. Sebaliknya, hormon lainnya jadi berkurang produksinya. Hal ini mengakibatkan tubuh menjadi lelah, kekurangan darah, dan tulang rapuh.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment