Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Thursday, April 4, 2013

Hamil di Luar Rahim Mengancam Nyawa

DokterSehat.com – Normalnya, saat hamil sel telur yang sudah dibuahi sperma menempel di rahim dan tumbuh sampai 9 bulan. Namun, pada kehamilan yang tidak normal, telur yang sudah dibuahi menempel di tempat lain selain rahim, biasanaya paling sering menempel di tuba fallopi. Kasus seperti ini disebut dengan kehamilan tuba atau kehamilan di luar rahim. Sementara pada beberapa kasus yang jarang terjadi, implan telur tumbuh dalam ovarium, serviks, atau perut.

Bila telur berkembang dala tuba fallopi secara terus menus, maka dapat menyebabkan tuba pecah sehingga berakibat terjadinya perdarahan hebat, bahkan menyebabkan kematian. Kondisi ini tidak bisa diperbaiki dengan memindahkan telur ke rahim.

Kehamilan ektopik atau hamil di luar rahim harus segera diakhiri sebab bayi tidak akan bisa bertahan hidup di tempat selain rahim. Kehamilan ektopik awalnya sama seperti kehamilan normal. Ketidaknormalan baru bisa ditemukan di minggu ke 8.

Gejala

Segera lakukan perawatan bila kehamilan Anda menunjukkan gejala kehamilan ektopik berikut ini:

Perdarahan pada vaginaSakit atau nyeri di bagian perut dan pinggulNyeri saat berhubungan intimPusingLemahKehilangan kesadaranMuncul tanda-tanda shockMual dan muntahAkan muncul rasa sakit dan perdarahan hebat jika tuba falopi pecah

Penyebab

Faktor yang dapat meningkatkan pecahnya tuba falopi dan risiko kehamilan ektopik antara lain:

Bawaan kelainan di tabung tubaRiwayat penyakit radang panggulTerkena penyakit menular seperti klamidia dan gonoreMemiliki riwayat kehamilan etopik sebelumnyaPernah melakukan operasi panggulGagal tuba ligasi (sterilisasi bedah) atau pembalikan ligasi tubaKebiasaan merokokPemakaian obat kesuburanPerawatan kesuburan seperti fertilisasi in vitro (IVF).

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar terhindar dari ancaman kehamilan di luar rahim, terlebih bila Anda memiliki riwayat hamil ektopik sebelumnya.



Sumber Dokter Sehat



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment