Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Thursday, April 25, 2013

Wow! Teknik Meditasi Langka Ini Bisa Mengeringkan Jubah Basah

Jakarta, Meski suhu tubuh seseorang akan bervariasi karena usia dan metabolisme tubuhnya, namun secara umum suhu tubuh mudah dipengaruhi oleh suhu ruangan atau suhu lingkungan. Tapi sekelompok peneliti dari Singapura mengatakan jika suhu tubuh sebenarnya dapat dikendalikan oleh otak lewat meditasi.

Tim peneliti yang diketuai oleh Profesor Maria Kozhevnikov dari Department of Psychology, National University of Singapore (NUS) Faculty of Arts and Social Sciences ini menemukan bahwa suhu inti tubuh dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik meditasi tertentu yang disebut dengan g-tummo. Bahkan teknik ini dikatakan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit atau imunodefisiensi.

G-tummo ini bukan sembarang teknik meditasi. Menurut peneliti, metode ini merupakan salah satu praktik meditasi yang paling sakral di Tibet dan hanya dipraktikkan di beberapa biara di daerah-daerah terpencil di Tibet bagian timur.

Peneliti pun berkesempatan mengumpulkan data untuk studi ini ketika mengikuti sebuah upacara ritual unik di Tibet di mana para biarawati memperlihatkan kemampuannya untuk meningkatkan suhu inti tubuhnya dan mengeringkan jubah basah yang dipakainya meski berada di bawah suhu pegunungan Himalaya yang sangat dingin (minus 25 derajat Celcius) saat bermeditasi.

Dengan menggunakan perekaman electroencephalography (EEG) dan pengukuran suhu, tim peneliti menemukan peningkatan suhu inti tubuh pada para biarawati mencapai 38,3 derajat Celcius.

Untuk memastikan temuan tersebut, peneliti menggelar studi kedua dengan melibatkan sejumlah partisipan asal Barat yang diajari teknik pernafasan ala meditasi g-tummo ini. Hasilnya pun sama, hampir seluruh partisipan mengaku mampu meningkatkan suhu inti tubuhnya, bahkan tanpa batas.

Dari situ peneliti menyimpulkan adanya dua aspek penting dalam meditasi g-tummo yang mengakibatkan peningkatan suhu tubuh yaitu metode bejana nafas atau 'vase breath' dan visualisasi konsentratif. 'Vase breath' adalah teknik pernafasan spesifik yang menyebabkan terjadinya thermogenesis atau proses produksi panas dari dalam tubuh.

Teknik lainnya, visualisasi konsentratif memfokuskan adanya pencitraan mental berupa api di sepanjang sumsum tulang belakang untuk mencegah hilangnya panas. Kedua teknik tersebut berkolaborasi untuk meningkatkan suhu tubuh hingga mencapai zona panas yang biasa dirasakan orang saat demam sedang.

"'Bejana nafas' sendiri merupakan teknik yang aman untuk mengatur suhu inti tubuh agar mencapai kisaran normal. Beberapa partisipan yang saya ajari teknik ini pun dapat meningkatkan suhu tubuh mereka tanpa batas, bahkan para partisipan dilaporkan merasa lebih berenergi dan bisa fokus," terang Prof. Kozhevnikov seperti dilansir medindia, Senin (15/4/2013).

"Dengan studi lanjutan, para pegiat meditasi lainnya mungkin dapat menggunakan metode 'bejana nafas' ini untuk meningkatkan kondisi kesehatan serta performa kognitif mereka," tutupnya.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE.


(vit/vit) Ade Djanwardi Pasaribu, Dr., Sp.A



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment