Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Tuesday, April 23, 2013

Kontraksi Selama Hamil

DokterSehat.com – Saat hamil ibu sering mengalami kontraksi otot-otot rahim akibat meningkatnya hormon oksitosin di akhir kehamilan dan bertambahnya reseptor hormon tersebut dalam rahim.


Saat terjadi kontraksi, rahim akan meregang dan mengecil sehingga membuat bayi terdorong menuju saluran kelahiran. Sehingga ibu seakan-akan terasa seperti akan melahirkan. Sebenarnya selama hamil seringkali terjadi kontraksi, seperti berikut ini:


Kontraksi Dini


Kontraksi ini biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan. Pada kondisi ini tubuh sedang menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan selama kehamiln berlangsung. Kontraksi di awal kehamilan ini terjadi karena ligamen di sekitar rahim meregang dan biasanya disertai perut kembung, dehidrasi, dan konstipasi. Bila kontraksi disertai bercak darah maka segera periksakan diri ke dokter.


Kontraksi Palsu


Kontraksi palsu atau Braxton-Hicks terjadi pada saat usia kehamilan berjalan 32-34 minggu. Kontraksi ini bisa muncul tiba-tiba setiap 30 menit sekali dengan durasi kontraksi sekitar 30 detik. Kontraksi ini terasa seperti kram saat haid. Bila kontraksi tidak berlanjut dan kekuatannya melemah maka Anda tidak akan melahirkan dalam waktu tersebut. Tapi, bila kontraksi makin kuat dan interval makin pendek maka bisa pertanda bahwa Anda akan segera melahirkan.


Kontraksi Saat Berhubungan


Kontraksi juga bisa terjadi saat melakukan hubungan seks. Jika ingin berhubungan intim pastikan dulu bahwa kehamilan Anda dalam kondisi sehat. Kontraksi ketika melakukan hubungan seks tidak akan menyebabkan kelahiran prematur, selama kehamilan Anda sehat tanpa komplikasi.


Kontraksi Sebenarnya


Menjelang waktu melahirkan biasanya ditandai dengan kontraksi yang berlangsung selama 40-60 detik, dan terjadi setiap 10 sampai 20 menit bahkan satu jam dan kontraksi akan lebih sering terjadi lagi. Kontraksi akan disertai keluarnya cairan atau lendir berwarna kecoklatan yang merupakan pertanda bahwa Anda akan melahirkan.


Kontraksi di atas termasuk ke dalam kontraksi normal dan biasa terjadi pada masa kehamilan.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment