Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, April 22, 2013

Trikomoniasis Bisa Menyerang Pria dan Wanita

DokterSehat.com – Trikomoniasis atau trik adalah infeksi yang disebabkan parasit bersel satu. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual. Baik pria maupun wanita bisa terinfeksi trik, tapi lebih sering terjadi pada wanita. Wanita hamil yang terinfeksi trik dapat mengakibatkan munculnya gangguan kehamilan.


Pada wanita, parasit biasanya menginfeksi vagina, uretra, leher rahim, kandung kemih, dan kelenjar di daerah genital. Sementara pada pria, parasit menginfeksi uretra atau di bawah kulup penis yang tidak disunat.


Gejala


Kebanyakan orang tidak menyadari bila sudah terinfeksi trik. Gejala trik akan muncul dalam waktu 1 minggu setelah Anda terinfeksi.


Gejala pada wanita antara lain:

Perubahan cairan vagina yang berwarna atau berbau tidak normalRasa gatal di vaginaNyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks.

Gejala pada pria antara lain:

Keluarnya cairan abnormal dari penisIritasi pada ujung penisPerasaan terbakar saat buang air kecil

Pada masa inkubasi sekitar 5 – 28 hari, penderita trikomoniasis bisa menularkan parasit trik kepada orang lain. Sebaiknya hindari kontak seksual sampai Anda selesai minum obat dan gejala hilang.


Pengobatan


Biasanya dokter akan meresepkan obat metronidazole atau tinidazol untuk mengobati trik. Obat ini ampuh membunuh parasit yang menyebabkan infeksi. Obat ini biasanya dikemas dalam bentuk pil, tablet, atau kapsul. Pengobatan diberikan ke dalam vagina tidak akan menyembuhkan trik.


Pencegahan

Trik dapat menyebar ketika seseorang melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi. Umumnya penderita tidak menyadari jika telah terinfeksi parasit yang menyebabkan trik. Jadi, sebaiknya lakukan seks aman untuk mencegah mendapatkan trik. Gunakan kondom setiap kali berhubungan seks bisa mencegah penularan penyakit ini.


Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, trik bisa menyebar melalui barang-barang pribadi, seperti handuk basah yang baru saja digunakan penderita trik. Parasit trik tidak bisa hidup pada benda dalam waktu yang lama, sehingga penyebaran seperti ini jarang sekali terjadi.


Trik juga dapat menyebar dari ibu kepada bayinya selama persalinan pervaginam, tapi ini juga langka. Gejala infeksi trik pada anak-anak mungkin disebabkan adanya pelecehan seksual sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment