Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Friday, July 19, 2013

Sulit Menelan Pertanda Awal Kanker Tiroid

DokterSehat.com – Kanker tiroid terjadi di sel-sel tiroid, yakni kelenjar yang ada di leher dan berbentuk seprti kupu-kupu. Tiroid menghasilkan hormon yang berfungsi mengatur denyut jantung, suhu tubuh, tekanan darah, dan berat badan.


Penyebab


Kanker tiroid terbentuk saat sel-sel tiroid mengalami perubahan genetik atau mutasi yang memungkinkan sel tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Sel-sel yang abnormal bisa menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.


Gejala


Awalnya kanker tiroid tidak menunjukkan tanda atau gejala apapun. Namun, gejala bisa muncul saat kanker sudah berkembang, antara lain:

Terdapat benjolan di pangkal leherSulit menelanSuara menjadi serakPembengkakan kelenjar getah beningSakit pada leher dan tenggorokan

Diagnosis


Berikut ini pemeriksaan yang digunakan untuk mendiagnosa kanker tiroid:

Pemeriksaan fisik di bagian leher untuk melihat adanya benjolan tiroid dan pembengkakan kelenjar getah bening.Pemeriksaan darah, termasuk pengukuran kadar thyroid-stimulating hormone (TSH) di dalam tubuh.USG yang dipandu dengan jarum biopsiTes pencitraan, seperti USG di leher

Pengobatan


Pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan kanker yang diderita. Adapun pengobatan yang bisa dilakukan, antara lain:

OperasiKemoterapiTerapi hormon tiroidRadioaktif yodiumEksternal terapi radiasi

Pencegahan

Pola makan sehatMendapatkan kecukupan garamLakukan deteksi dini


Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment