Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, July 22, 2013

Selulitis, Kulit Bagian Dalam Terinfeksi

DokterSehat.com – Selulitis merupakan infeksi pada lapisan kulit yang lebih dalam akibat bakteri streptokokus atau stafilokokus atau bakteri lainnya. Dalam kondisi normal kulit memiliki berbagai jenis bakteri, namun kondisi kulit yang utuh menjadi penghalang yang efektif untuk mencegah masuknya bakteri dam pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Bila kulit robek, bakteri dapat masuk dan berkembangbiak sehingga menimbulkan infeksi dan peradangan.


Faktor resiko terjadinya selulitis:

Luka di kulitGigitan dan sengatan serangga, gigitan hewan, atau gigitan manusiaRiwayat diabetes dan penyakit pembuluh darah periferPemakaian obat imunosupresan atau kortikosteroidSetelah melakukan prosedur paru-paru, jantung, atau gigi

Gejala


Infeksi kerap kali ditemukan pada tungkai dan seringkali diawali dari:

Cedera ringan yang menyebabkan kerusakan kulitInfeksi jamur diantara jari-jari kakiLuka terbuka di kulit

Selulitis mengakibatkan munculnya beberapa gejala, antara lain:

Kulit tampak merahPeradangan yang terlokalisasiBengkakLicin diikuti nyeri saat ditekanKulit terasa hangat saat dirabaMuncul ruam kulit secara tiba-tiba dan berbatas tegasDapat disertai memar dan lepuhan-lepuhan kecil

Gejala lainnya adalah:

Sakit kepalaDemamMenggigilTidak enak badanNyeri otot

Pengobatan


Pengobatan yang tepat bisa mencegah penyebaran infeksi ke darah dan organ lainnya. Biasanya penderita akan diberikan penicillin atau obat jenis penicillin lain seperti cloxacillin. Bila infeksinya ringan maka bisa diberi sediaan per-oral (ditelan). Sebelum diberi sediaan per-oral biasanya pasien terlebih dahulu diberi suntikan antibiotik, bila:

Penderita sudah lanjut usiaDemam tinggiSelulitis menyebar dengan cepat ke bagian tubuh lainnya.

Bila selulitis menyerang tungkai, sebaiknya tungkai dibiarkan dalam posisi terangkat dan dikompres dingin untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment