Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Monday, July 22, 2013

Fakta di Balik Mitos Seputar Kolesterol

Jakarta, Kolesterol seringkali disalahpahami. Banyak orang dibombardir dengan informasi yang menyebutkan bahwa kadar kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, banyak informasi lain mengenai kolesterol yang hanya mitos belaka.

Ahli diet di Hinduja Healthcare Surgical, Suchita Sanghvi, Sr mengungkapkan fakta yang bisa menepis mitos tentang kolesterol, seperti dikutip dari Health Me Up, Rabu (17/7/2013):

1. Kadar kolesterol tinggi
Kadar kolesterol tinggi hanya menjadi perhatian bagi laki-laki, bukan wanita. Terdapat estrogen dalam tubuh wanita yang membantu menjaga kadar kolesterol berada di kisaran normal. Namun, setelah menopause, keuntungan ini akan hilang. Saat pria berusia di atas 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun, mereka berada pada risiko kadar koleseterol tinggi yang lebih besar.

2. Kolesterol tinggi bersifat genetik
Tak ada yang bisa Anda lakukan saat kadar kolesterol tinggi Anda disebakan faktor genetik. Selain faktor ini, diet dan pilihan gaya hidup memiliki dampak yang signifikan terhadap kadar kolesterol. Jika keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi, Anda perlu mengambil langkah preventif dan lebih proaktif untuk menjaga kadar kolesterol Anda.

3. Kolesterol hanya bisa diturunkan dengan obat
Saat kadar kolesterol tinggi, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya. Dengan memperbaiki penyebabnya, kadar kolesterol Anda pun akan membaik. Kemungkinan penyebab kolesterol tinggi antara lain pola makan yang buruk, kurang olahraga, infeksi, stres mental, dan stres fisik misalnya pasca operasi.

4. Cukup minum obat penurun kolesterol saja
Untuk meningkatkan efektivitas obat penurun kolesterol, lakukanlah diet jantung sehat dan perbaiki gaya hidup Anda, jangan hanya mengandalkan obat penurun kolesterol saja.

5. Makanan 0 mg kolesterol
Jumlah kolesterol dalam label gizi sebenarnya mengacu pada diet kolesterol dimana hanya ada satu hal dalam makanan yang bisa membuat kadar kolesterol Anda meningkat. Pada diet kolesterol, lemak jenuh yang ditemukan dalam makanan hewani dan produk susu, serta lemak trans yang ada di makanan kemasan nampaknya memiliki dampak jauh lebih besar di banding LDL, kolesterol jahat yang menyebabkan aterosklerosis.

6. Anak-anak tidak bisa miliki kolesterol tinggi
Penelitian telah menunjukkan aterosklerosis atau penyempitan arteri yang mengarah ke serangan jantung bisa terjadi sejak usia delapan tahun. The American Academy of Paediatrics merekomendasikan anak-anak yang obesitas, punya darah tinggi, dan riwayat keluarga terkena kolesterol sebaiknya mengecek kadar kolesterol sedini mungkin. Anak-anak dengan kolesterol tinggi harus diet dengan membatasi lemak jenuh dan lebih banyak olahraga.

7. Kolesterol tak selamanya buruk
Saat mendengar kolesterol, kebanyakan orang langsung berpikiran itu hal buruk, meskipun sebenarnya tidak. Kolesterol tinggi memang berbahaya tapi kolesterol itu sendiri berperan penting bagi proses tubuh yaitu membatasi sel saraf di otak agar memberi struktur pada membran sel. Peran kolesterol pada serangan jantung juga sering disalahpahami. Kolesterol yang ada di aliran darah yaitu HDL dan LDL, bukan hanya LDL saja yang bertanggungjawab atas aterosklerosis.

8. Kolesterol rendah tanda kesehatan yang baik
Meski kadar LDL rendah mengindikasikan tubuh sehat, studi terbaru menunjukkan orang-orang yang terkena kanker memiliki kadar LDL lebih rendah di tahun-tahun sebelum mereka didiagnosis menderita kanker. Orang dengan kadar kolesterol darah rendah juga rentan terhadap infeksi, lebih lama pemulihannya jika terkena infeksi atau bahkan bisa meninggal akibat infeksi tersebut.

9. Gejala kolesterol tinggi tidak terlihat
Beberapa orang dengan kadar kolesterol tinggi memiliki benjolan merah kekuningan yang disebut xanthomas pada kelopak mata, sendi, tangan, atau bagian tubuh lain. Orang dengan diabetes atau kondisi turunan yang disebut hiperkolesterolemia familial lebih mungkin memiliki xanthomas. Cara terbaik mengetahui kadar kolesterol Anda yaitu periksa setiap tiga tahun sekali sejak usia 20 tahun.

10. Boleh berhenti minum obat kolesterol setelah kadarnya turun
Saat Anda berhenti minum obat, kadar kolesterol jahat mungkin akan naik kembali. Ketika kadar kolesterol Anda merangkak naik, begitu juga dengan risiko jantung dan stroke. Menurunkan kadar kolesterol bisa dilakukan dengan komitmen seumur hidup seperti menerapkan gaya hidup sehat dan minum obat setiap hari.

11.Kolesterol tinggi tak masalah bagi orang kurus
Baik orang yang kurus atau gemuk, harus memeriksa kadar kolesterol mereka secara teratur. Orang yang gemuk cenderung memiliki kolesterol tinggi karena banyak makanan berlemak. Bagi orang yang berat badannya tidak mudah bertambah pun perlu memperhatikan berapa banyak lemak jenuh yang mereka makan.

12. Beralih dari mentega ke margarin akan membantu turunkan kolesterol
Margarin, sama seperti metega memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kebanyakan margarin mengandung lemak jenuh dan itu faktor utama kolesterol tinggi. Pilihan lebih baik yaitu minyak nabati cair yang tidak mengandung minyak trans (minyak sayur terhidrogenasi).

13. Tak perlu cek kolesterol jika belum dewasa
Anak-anak terutama yang keluarganya memiliki riwayat kolesterol bisa memiliki kolesterol tinggi. Cek kolesterol sejak usia dini merupakan ide yang baik.

14. Semua kolesterol Anda berasal dari makanan
Sebagian besar kolesterol dalam tubuh Anda tidak berasal dari makanan, tetapi dari proses alami tubuh.

(vit/vit)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment