Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Tuesday, July 16, 2013

Ini Dia Jurus untuk Bebaskan Diri dari Stres

Jakarta, Stres bisa menjadi awal pemicu gangguan kesehatan pada tubuh. Untuk itu, jika Anda sudah mulai merasa stres, lakukanlah hal-hal yang bisa membuat lebih rileks.

Nah, jika ingin mengurangi risiko Anda terkena masalah yang disebabkan stres, tak ada salahnya mencoba tips dari Dr Vihang Vahia, psikiater di Breach Candy Hospital, Mumbai, seperti dilansir Health Me Up, Rabu (10/7/2013) :

1. Tugas Sebagai Rutinitas

Sebisa mungkin tunjukkan performa terbaik dalam melakukan pekerjaan. Agar tidak menjadi korban stres dari pekerjaan, jadikanlah tugas dan sesuatu yang harus Anda selesaikan sebagai sebuah rutinitas.

Saat menghadapi sesuatu yang sulit, jangan terlalu khawatir. Kekhawatiran yang berlebihan bisa menyebabkan masalah mental dan menghambat kinerja. Perlakukan situasi sulit itu layaknya sebuah rutinitas, maka kesulitan itu akan lebih mudah dan membuat Anda lebih tenang.

2. Mulai Hari Lebih Awal

Di pagi hari, usahakan bangun lebih awal. Kebiasaan bangun pagi akan membantu mengurangi kekhawatiran Anda datang telat ke kantor, deadline pekerjaan, atau kemacetan, yang semua itu bisa mengakibatkan Anda stres.

3. Terima Masalah

Ketika berada dalam situasi yang buruk, hal yang harus dilakukan adalah menghadapinya dan cari solusi, bukan lari dari persoalan. Menerima masalah secara positif akan membuat Anda lebih tegar untuk menghadapi situasi yang lebih sulit di masa depan.

4. Perhatikan Diri Sendiri

Saat stres, biasanya kita akan lupa dengan diri kita, termasuk makan tidak teratur dan kurang tidur. Hal itu justru perlu dihindari. Semakin tidak peduli pada diri sendiri, kita makin kehilangan kekuatan untuk menghadapi masalah yang justru bisa membuat stres.

5. Meditasi

Salah satu cara agar terbebas dari stres adalah meditasi. Meditasi selama dua puluh menit bisa membuat Anda merasa segar dan rileks. Meditasi juga bisa mengurangi kecemasan, tekanan darah, dan stres.

6. Hindari Multitasking

Jangan melakukan banyak hal sekaligus. Lakukan satu pekerjaan dan selesaikan, sebelum melakukan pekerjaan yang lain. Cara ini dapat membuat pekerjaan Anda selesai lebih cepat dan tidak membuat pikiran Anda terganggu.

7. Bertanya pada Diri Sendiri

Ketika merasa stres karena sebuah masalah, coba tanyakan pada diri Anda tentang pertanyaan yang mengembara di kepala Anda seputar masalah yang tengah dihadapi. Jawaban atas pertanyaan itu bisa membantu Anda mengambil langkah tepat untuk menghindari konsekuensi yang merugikan.

8. Jangan Tunda Pekerjaan

Jika bisa menyelesaikan pekerjaan hari ini, jangan tunda untuk mengerjakannya besok. Sebab, tak ada yang tahu jika besok akan lebih banyak hal yang harus Anda lakukan dan itu bisa membuat Anda lebih stres.

8. Bernapas dengan Baik

Bernapas adalah salah satu cara terampuh memerangi berbagai penyakit mental. Setiap kali Anda menghadapi masalah yang sulit, diamlah sementara waktu dan ambil nafas dalam-dalam. Teknik ini akan membantu meringankan otak Anda dan membuat Anda lebih rileks.

9. Olahraga Teratur

Tak hanya bagi kesehatan fisik, olahraga teratur juga berguna untuk kesehatan mental. Olahraga teratur bisa membantu mengurangi produksi hormon stres seperti kortisol dan neurotransmitter yang dihasilkan selama merasa stres. Jadi, olahraga teratur bisa mengurangi efek stres pada tubuh Anda.

10. Nikmati Makanan

Saat tiba waktunya istirahat dan makan, nikmati waktu tersebut. Jangan sekali-sekali membicarakan masalah pekerjaan di waktu istirahat. Selain mengurangi stres, cara ini juga bisa membantu Anda menikmati makanan yang Anda santap.

11. Berbagi

Cobalah untuk berbagi dengan orang lain saat Anda merasa sudah tidak bisa lagi menghadapi masalah yang dialami. Tetap menyimpan masalah yang sudah tidak bisa 'dibendung' lagi dan tidak membaginya dengan orang lain, hanya akan membuat Anda menyerah dan meninggalkan segalanya.

12. Istirahat Cukup

Untuk menghadapi 'perang' esok hari, sangat perlu bagi Anda untuk memulihkan stamina dengan beristirahat yang cukup. Waktu tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan berkonsentrasi.

(vit/vit)



Sumber Detik



Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment