Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Friday, August 23, 2013

Langkah Aman Mengatasi Sesak Napas Saat Hamil

DokterSehat.com – Pada trimester terakhir, ibu hamil rentan mengalami sesak napas. Hal ini pertumbuhan janin dalam kandungan yang mendorong naik sehingga terjadi perubahan pada diafragma dan paru-paru dari kondisi normalnya. Sesak napas pada ibu hamil juga bisa disebabkan gejala anemia dimana tubuh harus bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi ibu dan janin. Kondisi ini kemungkinan dapat menyebabkan gangguan dalam pemasokan oksigen sehingga mengakibatkan sesak napas. Berbeda halnya jika ibu memiliki penyakit bawaan seperti gangguan asma dan masalah pernapasan lainnya hingga memerlukan bantuan medis dalam pemberian penanganan yang sesuai.


Berikut ini beberapa cara mengatasi sesak napas pada ibu hamil, yaitu:


1. Mengonsumsi makanan sehat


Selama kehamilan sebaiknya konsumsi makanan sehat untuk menjaga berat badan sehat Anda. Kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam sebab semua itu bisa meingkatkan berat badan Anda. Akibat ibu akan mengalami sesak napas yang lebih parah.


2. Perhatikan posisi tidur


Bila selama hamil Anda mengalami gangguan tidur malam hari sebaiknya tidurlah bersandar pada dua atau tiga bantal guna mengurangi sesak napas. Penyesuaian tidur yang lebih ekstra akan dialami pada kehamilan trimester ketiga. Anda mungkin akan mengalami gangguan tidur dua kali lebih besar dari masa kehamilan sebelumnya.


3. Lakukan Rileksasi


Rileksasi selama 10 menit tiap harinya terutama pada trimester akhir menjelang persalinan bisa membantu Anda dalam mengatur pernapasan menjelang persalinan dan bermanfaat menjaga kesehatan paru-paru Anda.


4. Hindari minuman berkafein dan bersoda


Sebaiknya hindari cola, kopi, dan teh selama hamil karena jenis minuman ini bisa meningkatkan pengeluaran cairan tubuh lebih tinggi dan bisa saja membuat Anda dehidrasi. Selain itu, teh dan kopi mengandung tannin yang bisa menghambat penyerapan zat besi dari makanan yang Anda konsumsi.


5. Perbanyak asupan zat besi


Makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berwarna hijau gelap, daging merah, dan buah berry. Agar penyerapan zat besi dari makanan bisa maksimal sebaiknya tambahkan asupan  makanan tinggi vitamin C seperti stroberi dan kiwi.


6. Lakukan olahraga teratur


Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau mengikuti latihan yoga sangat baik untuk mengatur pernapasan. Meski begitu, melakukan olahraga saat hamil harus mendapat persetujuan dari dokter terlebih dahulu.




Sumber Dokter Sehat




Alat Kesehatan Bandung

No comments:

Post a Comment